Setiap Hurufnya Harus Baik

Sunday, July 10, 2016

2 Ide Jualan Kreatif di Kampus Untuk Mahasiswa Pas-Pasan

Buat kamu mahasiswa yang kebetulan punya uang pas-pasan, jangan patah semangat cari ide untuk nambah uang jajan. Ide ini saya tulis berdasarkan dari pengalaman saya pribadi, dan siapa tau apa yang sudah saya lakukan dulu jaman kuliah bisa jadi solusi juga untuk kalian yang uangnya pas-pasan. Kita harus lihat diri kita sendiri, kesulitan-kesulitan yang kita alami, sehingga kita bisa menciptakan ide usaha yang berbasis dari kesulitan kita pribadi, gimana contohnya? misal, dulu waktu mahasiswi saya suka susah banget dapet pembalut ketika tiba-tiba haid di kampus, sedangkan di kampus saya, di kantin2nya jarang ada yang jual pembalut.. So, dari situ saya dapet ide untuk jualan pembalut di kamar mandi cewek, alhasil, Alhamdulillah, selain bisa mengatasi masalah pribadi, ternyata jualan saya pun laku di kamar mandi,, hehe,, itu hanya salah satu, berikut ini saya akan cerita bisnis apa aja yang pernah saya lakonin waktu masih di kampus, cekidot bray.. :)

diff
sumber : agushadim.blogspot.co.id/
  1. Seperti yang udah saya cerita sebelumnya, saya pernah jualan pembalut di kamar mandi kampus! Inspirasinya dari masalah saya sendiri yang susah dapet pembalut kalo lagi lupa bawa dan tiba-tiba haid di kampus, waktu itu gak cuma pembalut, saya jual juga tissue dan hand sanitizer, pokoknya yang kira-kira dibutuhkan sama mahasiswi. Sistemnya semacam kantin jujur, jadi saya simpen dagangan saya di deket westafel pada pagi harinya, saya kasih tulisan "Jual Tissue Rp2.000, pembalut Rp2.000, Hand sanitizer Rp3.000"dan saat sore hari selesai kuliah, saya ambil uangnya, besok paginya lagi saya refill isi jualan saya, begitu seterusnya. Emang sih ada resiko seperti jumlah uangnya gak sesuai kadang kurang/lebih, atau bahkan barang dagangan hilang..! saya pernah ngalamin dua-duanya,, sebagai antisipasi, saya selalu hitung jumlah barang dagangan ketika refill, jadi tau harusnya uang yang kekumpul berapa, dan kalau ada waktu luang, saya lebih sering lagi cek barang dagangan, kalau soal barang dagangan hilang, itu biasanya terjadi di kamar mandi fakultas, karena mungkin kalau di fakultas itu suka ada tamu dan kamar mandinya lebih sering dicek sama OB, jadi saran saya pakai kamar mandi yang khusus mahasiswi. Omzet yang didapat waktu itu lumayan,, bisa 20-25rb/hari, tergantung jumlah jualan kita, dengan modal paling sekitar 15ribuan, waktu itu prinsip saya kalau emang dagangan saya aman disitu dan ga ada yang melarang, Insya Allah halal, kadang gimana ya, kalau orang kepepet butuh uang pasti bakal lakuin apa aja kan, cuman kita tetep harus berpikir juga untuk cari jalan yang halal,, memang ga banyak sih, tp lumayan bisa nambah uang makan,, hehe..

  2. kalau yang kedua ini saya pernah menawarkan jasa tempel poster! inspirasinya, saya waktu kuliah dulu emang suka banget ikut-ikut organisasi, dan pastinya sering banget ngadain acara-acara yang butuh tim publikasi untuk nyebar-nyebarin poster, mungkin ga masalah kalau kampusnya kecil, tapi kalo gede segambreng kayak ITB, UI, IPB gimana? kadang tim publikasi juga suka gak sempat nempel-nempel poster di mading-mading setiap sudut kampus, jadi ya dari situ saya berpikir, oh iya kenapa gak bantuin mereka aja? nah, waktu itu saya pasang harga Rp.25.000 untuk sekitar 25-30 spot mading di dalam kampus, ditambah sama bantu promosi juga di media sosial, seperti mention-mention twitter HMJ yang ada di kampus, seolah gw yang mengambil alih tugas tim publikasi acara. Well, capek sih, dan kita harus menyediakan waktu untuk itu, kalau mahasiswa lain ada waktu kosong bisa tidur atau ke perpus buat belajar, tapi buat mahasiswa pas-pasan kayak saya dulu ya waktu luangnya buat jualan/cari duit tambahan, bahkan waktu kuliah pun saya pakai untuk jualan, hehe,, kadang suka bawa makanan buat sarapan kayak donat/roti sih ke kelas, lumayan bre kalo kelas pagi itu laku keras,, hehe..
Mungkin 2 hal itu aja dulu yang saya share, walaupun masih banyak sih jualan-jualan yang pernah saya lakuin di kampus, hehe, tapi semua itu saya lakukan awalnya memang karena terpaksa untuk cari uang tambahan, karena ada masanya uang kiriman itu lebih dan kurang banget, jadi ya buat pembelajaran mental aja mungkin ya, gimana kita tau susahnya cari uang.. dan saya berharap cerita dari pengalaman ini bisa bermanfaat,, notes aja sih, setiap kampus kondisinya kan pasti beda-beda, coba lebih peka lagi sama masalah pribadi dulu, karena apa yang jadi masalah kita bisa jadi masalah orang juga, dan kita bantu mereka untuk kasih solusi sekalian jualan,, hehe..

0 comments:

Post a Comment

© Jurnal Haifa, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena